1 Comments

Dalam memilih mainan untuk si kecil, sebaiknya pilihlah mainan yang bernilai edukatif dan kreatif untuk tumbuh kembang si bayi dan anak. Jadi sangatlah penting bila kita mengetahui tentang mainan, mainan bayi, mainan anak, mainan online, mainan remote control, mainan edukatif, mainan kayu, mainan edukasi, mainan baby agar dalam mencari mainan tersebut dapat berguna bagi si kecil.

Mainan yang diperlukan bagi si kecil berdasarkan usia dari bayi tersebut dapat dibagi-bagi menjadi mainan untuk bayi 4 bulan, mainan bayi 6 bulan, mainan untuk bayi, mainan bayi murah, mainan bayi 2 bulan, sewa mainan bayi, mainan bayi 3 bulan, mainan edukatif untuk bayi, mainan edukatif bayi adalah sebagai berikut:

- MAINAN BAYI 0-3 BULAN
Dalam tahapan ini, mainan sangat diperlukan untuk perkembangan bayi itu, karena ini digunakan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi tubuh si bayi. Tidak semua kebutuhan bayi akan mainan dalam tahapan ini harus dipenuhi dengan cara membeli. Banyak jenis mainan yang justru bisa kita hadirkan dari dalam rumah kita. Jadi, belilah mainan yang memang perlu dibeli.

- MAINAN BAYI 3-6 BULAN
Secara garis besar jenis mainannya sama dengan tahap sebelumnya. Hanya saja bayi semakin meningkat kecerdasan dan mobilitasnya. Pandangannya pun sudah dapat terfokus untuk jarak sejauh 1 meter. Sehingga Anda bisa menggunakan mainannya untuk melatih agar sang bayi bisa:
* Menegakkan kepalanya saat posisi duduk. Kita buat si kecil betah bermain dalam posisi tersebut
* Meraih benda. Letakkan mainan pada jarak yang bisa diraih. Pancinglah dengan membunyikannya atau memanggil namanya. Kadang dia bisa meraih, kadang tidak.
* Berguling. Saat bayi terlentang, bunyikan mainan di alas tempat ia berbaring. Saat bayi telungkup, bunyikan mainan di atas kepalanya. Pancing bayi dengan lebih dulu menunjukkan mainan di hadapannya, lalu perlahan geser ke tempat yang dituju
* Bangun dari posisi tidur. Bunyikan mainan di depannya. Saat dia tampak tertarik, perlahan jauhkan mainan menghampiri Anda
* Mengenal kakinya. Jika memungkinkan, pasang mainan yang bergemerincing dan tidak terlalu berat pada pergelangan kakinya. Atau beri ia kaus kaki dengan warna mencolok dan bisa juga memiliki hiasan lucu. Ini akan mendorong bayi untuk aktif mengangkat kakinya dan bermain-main dengannya
* Memindah benda dari satu tangan ke tangan lain

- MAINAN BAYI 6-9 BULAN
Gunakan terus mainan si kecil sebelumnya. Anda akan kagum melihat respon dan ketrampilannya yang meningkat drastis. Mainan-mainan yang ada masih tetap berfungsi untuk melatih kemampuannya duduk sendiri, merangkak, berdiri, merambat dan akhirnya belajar berjalan.

- MAINAN BAYI 9-12 BULAN
Gunakan mainan sebelumnya guna memperkuat ketrampilan motorik kasarnya dalam merangkak, berdiri dan belajar berjalan. Bangun interaksi yang lebih intensif saat bermain dengan bayi, karena bayi mulai memahami kata-kata dan suka meniru. Bermainlah secara bergantian dengan bayi.

Setelah bayi tumbuh berkembang menjadi anak-anak, maka mainan yang kita cari tentulah berbeda dengan mainan dimasa bayi. Carilah mainan kanak-kanak, mainan anak online, mainan anak 1 tahun, mainan anak murah, mainan anak grosir, mainan anak kreatif, mainan anak perempuan, mainan anak laki-laki, mainan anak edukatif, mainan anak mobil sesuai dengan pertumbuhan dari masing-masing anak, atau tanyakan kepada dokter/psikiater yang mendampingi pertumbuhan anak kita.

Kita memerlukan juga mainan edukatif sehingga dapat menunjang kecerdasan si kecil.
Apa sih mainan edukatif itu, berikut ciri-cirinya :
- Khusus dibuat untuk merangsang kemampuan dasar pada balita mulai dari bayi.
- Memiliki banyak fungsi dan manfaat.
Artinya, ada beberapa variasi mainan di dalam satu mainan sehingga stimulasi yang diperoleh anak.
- Mendorong kemampuan pemecahan masalah.
mainan bongkar pasang atau puzzle sangat membantu untuk proses ini.
- Melatih ketelitian, kesabaran dan ketekunan anak.
Jadi tidak hanya sekadar menikmati, tetapi sang bayi juga dituntut ketelitiannya, kesabaran dan ketekunan saat memainkannya.
- Melatih konsep dasar.
Si anak diajar untuk mengenal dan mengembangkan kemampuan dasar seperti bentuk,
warna, tekstur, besaran. Mainan edukatif juga mampu digunakan untuk melatih kerja saraf motorik halus selain dari fungsi diatas.
- Kreativitas anak dirangsang.
Sehingga anak kita dalam perkembangannya akan semakin kreatif melalui variasi mainan yang dilakukan.

Fungsi dari mainan kreatif dan edukatif itu sebagai stimulus kreatifitas si kecil, jadi mainan tersebut tak perlu mahal selama sesuai si kecil bisa belajar berkreatifitas lewat mainan tersebut. Carilah toko bayi online yang menyediakan mainan edukatif tersebut di internet, jual mainan, jual mainan bayi, jual mainan online, jual mainan murah, jual mainan little tikes, jual mainan edukatif, jual mainan edukasi, beli mainan online, beli mainan bayi, jual mainan anak, jual mainan anak online, jual mainan anak murah, jual mainan anak-anak, beli mainan anak.

Dengan sedikit kreatifitas ibu bisa membuat sendiri mainan untuk si kecil, sangat bagus bila ibu melibatkan anaknya dalam membuat mainannya, agar si kecil juga bisa belajar berkreasi, kerjasama dan kebersamaan bisa tercipta antara ibu dan anak.

Jangan lupa juga untuk terus mendampingi si kecil saat bermain, hal ini untuk memaksimalkan stimulasi bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Gendonglah si kecil bila sudah mulai jenuh dan letih dengan menggunakan gendongan kekhan.Juga untuk selalu merawat mainan dan menjaga mainan tersebut agar mainan tetap layak untuk digunakan kembali.

Juga, untuk mendapatkan mainan murah, carilah grosir mainan dan grosir mainan anak. Karena bila kita membelinya di toko mainan maka akan relatif lebih mahal dibandingkan membeli mainan di grosir.

Tags : , , , , , , , ,